Zenius Bagus Nggak?

Juni 05, 2016

Testimoni Zenius.net

ARTIKEL INI TELAH DIEDIT 4 NOVEMBER 2017
EITS ADA YANG BARU
Tampilan zenius udah banyak yang berubah, udah ngga begitu sering liat zenius karena pelajaran di kuliah ngga ada di situ :(. Nuhun.


Hai hai! Assalamu’alaikum. Apa kabar semuanyaaa? Adakah salah satu dari kalian yang masih sekolah? Saya yakin, sepertinya satu reader pun tidak ada. Hahaha, ya sudahlah tidak ada reader juga tidak apa, yang penting saya niat berbagi. Kali ini saya akan mereview situs belajar online super mantap yang jadi andalan saya ketika tidak paham dengan penjelasan guru di sekolah : zenius.net. Btw, saya babarblas (beneran) bukan buat endorse, TESTIMONI INI MURNI DARI HATI SAYA YANG TERDALAM karena merasa zenius itu bermanfaat banget buat saya.

Apa sih zenius itu?

Jadi, zenius.net merupakan sebuah website yang berisi kumpulan materi pelajaran dan soal yang berupa video dan modul. Untuk modul bisa diunduh sedangkan video hanya bisa streaming. Di zenius, semua materi sekolah hampir ada semua. Dari kelas satu SD sampai kelas 12 SMA, sampai materi SBMPTN ada semuaa. Namun, untuk yang SD hanya ada materi untuk Matematika, Bahasa Indonesia, dan Ilmu Pengetahuan Alam. Maklumlah, SD di Indonesia kan tidak semuanya memiliki mata pelajaran yang sama semua. Jadi, di zenius buat SD cuma ada materi yang pasti ada di seluruh SD se-Indonesia tuh. Kalau buat tingkatan SMP, jumlah mata pelajarannya ditambah tuh. Kalau buat kalangan SMA, ada materi buat IPA dan juga IPS. Maaf buat yang SMK dan SMA Bahasa, belum ada materinya tuh. Sabar ya, semoga zenius segera membuat materi buat kalian. Selain itu, buat kalian yang kelas 12 dan hendak menjadi pejuang SBMPTN, materi zenius khusus SBMPTN ada loh! Dibahas dari dasarnya pula! Kalau pingin tau gimana tampilan zenius pas streaming, ini nih screenshootnya.


Tampilannya juga bisa di full screen kok.
Namun, kalau pingin bisa menonton seluruh video zenius, kalian harus jadi member dulu dan membeli vouchernya. Ada yang voucher bulanan sampai per tahun. Untuk cara pembelian bisa di cek di web zenius ya! Panduan pembelianya lengkap dan mudah dilakukan kok.

macam-macam voucher zenius
Apa sih keunggulan zenius?


1.       Solusi tepat buat orang yang males bimbel
Ini adalah apa yang saya alami. Saya malas sekali pergi ke bimbel karena rumah saya jauh dari tempat-tempat bimbel. Sebenarnya, alasan utamanya adalah saya tidak ingin menambah beban ekonomi keluarga dengan bimbel yang biayanya jutaan! Bayangkan kalau saya bimbel, sudah mahal, jauh, jadi sungkan kan belajarnya? Nah, jadi saya memilih untuk jadi member zenius.net supaya tetap punya pegangan belajar selain buku teks (yang sering membuat saya makin bingung, bukan makin paham). Selain itu, buat para organisatoris yang super sibuk, pasti capek kan kalau mau les ke bimbel? Nah, dengan jadi member zenius.net kalian cukup menyalakan laptop, sambungkan laptop ke WiFi, buka web zenius, lalu tinggal memerhatikan video sekaligus mendengarkan suara tutor-tutor zenius yang menenangkan jiwa. Dengan zenius.net kita dimudahkan untuk bisa mengatur sendiri kapan kita belajar, tidak seperti dengan bimbel yang kita terpontal-pontal ngikutin jadwalnya. You can enjoy your time, guys!

2.       Solusi tepat buat mengisi waktu luang
Bagi kalian yang udah bimbel, tetapi masih tetap punya waktu luang dan bingung harus ngapain, mendinga nonton video zenius atau mengisi soal dari Xpedia zenius kan? Waktu jadi digunakan dengan maksimal dan otak kita masih terasah

3.       zenius mengajar untuk cerdas berdasarkan proses
Banyak tuh kan bimbel-bimbel yang mengajarkan cara cepat untuk mendapatkan jawaban dari soal. Nah, hal itu adalah SALAH BESAR! Mengapa? Percaya atau tidak, itu namanya bukan belajar. Sebab belajar itu dirasakan karena kia tahu prosesnya, bukan jawabannya. Dalam kehidupan nyata juga tidak ada tuh cara cepat/ rumus instan untuk menghadapi permasalahan. Nah, di zenius, kita diajarkan Deliberate practice yang luar biasa bermanfaat buat kita semua. Belajar itu bukan kewajiban, tetapi kebutuhan. Belajar itu bukan untuk mencapai hasil, tetapi untuk melalui semua proses baru kita menikmati hasilnya. Zenius selalu mengajarkan rumus dari dasar, bahkan dari penemuan rumusnya! Kalau dari penemuan rumusnya saja sudah paham, maka kita tidak perlu susah payah menghafal rumus-rumus yang banyak sekali, sebab pada dasarnya banyak rumus yang merupakan turunan dari rumus lain dan hanya pemahaman yang kita butuhkan. Yang parah lagi, sudah payah-payah hafalan rumus, ternyata yang keluar beda semua, tidak ada yang bisa menggunakan cara instan. Duh duh duh, kan kasian. Apalagi buat kalian pejuang SBMPTN. Jangan sekali-kali pakai cara instan ya. Sebab siapa tahu ternyata soal itu butuh banyak rumus dan membutuhkan pendalaman logika. Terkadang cara instan memang berguna, tetapi biasakan juga menggunakan cara konvensional supaya otak kita terlatih untuk memecahkan masalah

4.       murah meriah
Yap! zenius itu super murah daripada bimbel. Jadi, untuk bisa melihat seluruh video dan modul di web, kita harus jadi member dengan cara sign up dan membeli voucher. Nah, voucher itu ada yang berlaku sebulan, tiga bulan, dan setahun. Saya beli voucher yang satu tahun dan harganya Cuma 350k! Murah sekali, bukan? Bayangkan kalau kita bimbel, habis jutaan untuk satu semester, ditambah ongkos pulang-pergi, dan ditambah ongkos capek. Walaupun murah, bukan berarti zenius murahan, ya! Zenius itu justru gaya belajar elit menurutku. Sebab, di saat yang lain masih menatap papan tulis putih, kita sudah modern, belajar memakai laptop/gadget. Canggih kan? Materi zenius juga tidak kalah dengan materi-materi bimbel! Bahkan, menurut saya (menurut saya loh, ya!) lebih bagus daripada materi bimbel.

5.       Mengasah pendalaman materi dengan berbagai macam tipe soal
Zenius tidak Cuma memberi kummat (kumpulan materi), tetapi juga kumpulan soal (berbentuk pdf dan video, pembahasannya hanya berbentuk video). Soal-soalnya itu bikin greget karena biasanya tipe soalnya tidak bisa diselesaikan hanya dengan memasukkan angka ke rumus-rumus, tetapi harus pakai logika dan pemahaman materi. Jadi, otak kita benar-benar diasah untuk menyelesaikan masalah. Pembahasan soal juga bisa dilihat loh! Mantap!

6.       Ada blog zenius.net yang sering memberi ilmu pengetahuan baru
Nah, selain materi pelajaran, zenius.net sering tuh berbagi ilmu pengetahuan bidang lain lewat blognya. Di blog zenius, terkadang para tutor memberi informasi tentang cara belajar yang manjur, cara menjadwal belajar, penjelasan dunia perkuliahan, sampai membahas buku-buku luar negeri juga lho! Intinya banyak banget info baru yang bisa kalian dapatkan dair blog zenius.

Kekurangan zenius apa?
1.       Harus streaming, menghabiskan kuota
Permasalahan utama saya adalah kuota internet. Saya memakai modem Telkomsel, bukan WiFi. Jadi, saya sering kehabisan kuota karena habis untuk streaming video zenius. Solusinya adalah pakai saja WiFi di sekolah/mall/minimarket/cafe/dll untuk streaming video zenius. Bagi kalian yang sungkan streaming, zenius juga punya hard copy nya kok, bentuknya DVD. Tetapi, harganya dibandrol agak mahal, sekitar 2 juta. Tetapi, isi DVD nya komplit loh!
2.       Susah mengatur waktu
Buat kalian yang susah banget mengatur waktu untuk belajar, mungkin ini bisa menjadi penghalang. Mungkin kalian terlalu sering main atau sibuk di sekolah, capek, lalu nonton video zenius malah ketiduran. Nah, kalau bagi kalian yang susah mengatur waktu, mungkin bimbel memang salah satu jawabannya karena dengan bimbel kalian terjadwal belajarnya dan harus datang saat itu juga. Tetapi zenius juga ada sisi plusnya. Kalau kalian menggunakan zenius.net, kalian akhirnya terpaksa harus mengatur jadwal kapan belajar dengan zeniusnya, daripada vouchernya tidak berguna karena zeniusnya tidak pernah dibuka T_T
3.       Susah untuk konsultasi
Di bimbel ada yang menyediakan layanan konsultasi 24 jam bagi siswanya yang masih bingung dengan pelajaran. Sayangnya, zenius tidak menyediakan layanan ini. Buat kalian yang belum paham dengan materi zenius, hanya bisa bertanya lewat twitter (dan akun sosmed lainnya) kepada para tutor zenius. Akun twitternya ada di web kok!

Gimana, udah ada gambaran? Mau jadi member? Atau tetap memilih bimbel? Overall semuanya bagus ya, bimbel maupun belajar online seperti ini. Semuanya punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Tetapi, kalau saya sih pilih zenius.net, karena saya tipe orang yang mager, hemat duit, dan sudah agak bisa menjadwal rutinitas. Buat kalian yang tertarik dengan zenius, bisa tuh kunjungi webnya, sambil lihat-lihat isinya. Nih, linknya : zenius.net
Terima kasih sudah mau menyempatkan diri membaca tulisan saya. Sampai jumpa di post berikutnya!


Oh ya, jika ada tutor zenius yang membaca tulisan ini, saya mau mengucapkan TERIMA KASIHH BANYAAAAK karena telah memberi saya banyak pelajaran dan konsep-konsep belajar yang bisa diterapkan dalam The Real Life. Terima kasih zenius!


EITS ADA YANG BARU : Wah, ternyata tampilan Zenius udah banyak berubah. Tapi tetep kece lah bagiku. Semoga postingan ini masih sinkron ya walaupun tampilan zenius udah beda.

Oiya
Lagi nyari buku latihan buat SPMB PKN STAN? Kuy cek postingan ini, klik disini.

You Might Also Like

4 komentar

  1. Sudah alumni ya? Nilai akhirnya gimana? Masuk universitas mana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. waduh balesnya telat banget ya. Alhamdulillah sekarang di stan. dulu sempet ketrima ptn di bandung

      Hapus