Kuliah di PKN STAN?

November 02, 2016

Assalamu'alaikum. Ternyata sudah lama vakum dari dunia blog. Kali ini, aku mau berbagi pengalaman 'gimana kuliah di PKN STAN?'

[ARTIKEL INI TELAH DIEDIT 4 OKTOBER 2017]


PKN STAN
PKN STAN. Duh, maaf fotonya kebalik


Jadi, aku resmi masuk PKN STAN itu September 2016 (lupa tanggal), sebelumnya aku ospek dulu akhir Agustus dan ada Capacity Building juga (semacam latihan pembentukan karakter). Nah, ada yang nanya kan  gimana rasanya kuliah di sana? Apa bedanya kuliah di PTK sama PTN? Karena sebelumnya aku belum pernah kuliah di PTN (cuma pernah sampai tahap pendaftaran ulang doang), jadi nggak tahu jelas gimana bedanya PTK (terutama PKN STAN) dengan univ-univ lain. Jadi, di part ini akan dijabarin beberapa bedanya kuliah di PKN STAN dengan di univ bukan PTK.

1. Seragam
Jelaslah ya. PKN STAN itu punya pemerintah, jadi kami (anak-anak PKN STAN) wajib berseragam, Untuk hari senin dan rabu itu kemeja putih bawahan hitam, selasa dan jum'at itu kemeja cerah ceria, kamis dan sabtu itu motif Nusantara. Beda dong sama univ lain yang pakai baju bebas (tapi tetep sopan rapih). Jadi, susah (almost impossible) buat kalian nemuin foto anak PKN STAN yang pake hashtag #OOTD saat ngampus di kampus. Walaupun nggak bisa OOTD-an, seragam itu punya esensi yang bagus loh. Seragam membuat kita terlihat lebih rapih dan formal. Selain itu, nggak ada tuh yang namanya diskrimnasi karena taraf ekonomi. Kalau nggak pake seragam kan kelihatan tuh mana yang punya gudang baju berkelas dan yang cuma punya beberapa pasang. Oh ya, buat jurusan bea cukai, mereka punya seragam tersendiri, unik, dan keren pastinya.

EITS TAPI ADA YANG BARU
Jadi, mulai tahun ajaran baru 2017/2018, seragamnya diubah jadwal ya. Untuk hari senin dan rabu itu kemeja putih bawahan hitam, selasa pakai kemeja cerah ceria, kamis pakai motif Nusantara, dan jumat-sabtu pakai baju bebas. Naah, akhirnya bisa pakai baju bebas ya wkwk. Baju bebasnya tetap ada aturannya ya, buat cewe tetap harus pakai rok, semuanya boleh pakai kaos tapi harus berkerah, dan tetap harus sopan rapi.


2. Sistem Perkuliahan
Aku sih ngga begitu tau ya gimana sistem perkuliahannya anak univ. Kalau di PKN STAN sendiri, jadwal kuliah sudah ditentukan sama bagian Akademik. Hampir sama seperti SMA. Kami dibagi-bagi ke beberapa kelas. Kalau jurusanku- DIII Pajak angkatan 2016- dibagi dari kelas A sampai M (kalau nggak salah). Jadi ada kelas 1-A sampai 1-M. Untuk kuliah, kami selalu bareng-bareng satu kelas (btw aku kelas 1-G). Tiap kelas udah ditentuin kuliahnya kapan, jam berapa, berapa SKS, matkulnya apa. Mahasiswa cuma perlu menghubungi dosennya, bisa datengkah atau nggak? Kalau dosennya nggak bisa dateng ya mahasiswa ngajuin ganti jadwal untuk matkul itu. Setahuku kalau di univ lain kuliahnya nggak ditentuin sekelas ya? *cmiiw

Terus, tau dong kalo di PKN STAN ada sistem Drop Out (D.O)? Nah, D.O ini mungkin salah satu entitas yang paling beda dari univ lain. Jadi, kalau IPK kita di bawah standar, PKN STAN nggak akan ragu-ragu mengeluarkan kalian. Ngapain mempertahankan anak yang ngga niat kuliah padahal di luar sana banyak orang yang minat menggantikan posisinya? Drop out itu bukan sekedar cerita fiksi kalau di sini, kisah D.O di sini itu benar-benar nyata. Ada juga beberapa aturan yang bisa membuat seorang anak PKN STAN kena drop out. Intinya, kita harus belajar yang rajin dan nurut sama peraturan yang ada. Sistem ini memotivasi mahasiswanya buat jadi anak yang rajin.

EITS TAPI ADA YANG BARU
Mulai TA 2017/2018, kelasnya ngga pakai urutan abjad A-Z. Mungkin karena mahasiswa barunya udah banyak banget (6500+), kelasnya diubah pakai sistem angka, misal kelas 1-3 artinya semester 1 kelas 3, kelas 3-2 artinya semester 3 kelas 2, dst.

3.  Biaya Kuliah
Jelas lah ya, kuliah di PKN STAN itu gratis. Mahasiswa PKN STAN nggak perlu mengkhawatirkan biaya kuliah per semester dan biaya lain, kecuali seragam beli sendiri. Buku juga di sediakan perpustakaan, cuma kalau kalian mau beli buat nambah referensi juga boleh.

4. Absensi/Kehadiran
Ini beda banget sama kampus lain. Kalau di kampus lain kalian bisa titip absen, maka jangan harap di kampus ini kalian bisa bolos sesuka hati. Karena nantinya bakal jadi pegawai di Kemenkeu, murid PKN STAN itu dituntut untuk rajin. Jadi, kalau kalian mau ikut UTS/UAS, salah satu syaratnya adalah harus hadir minimal 80% dari total pertemuan (tiap matkul). Nah, kalau kurang dari itu, maka kalian nggak boleh ikut UTS, dan itu bisa berakibat drop out. Selain itu, untuk bisa izin dari perkuliahan, alasan kalian itu harus jelas. Contohnya, kalau sakit harus ngasih surat dokter, dsb. Jadi, salah satu syarat agar lancar kuliah adalah menjaga kesehatan :)

5. Kartu Tanda Mahasiswa (KTM)
KTM itu salah satu point bedanya PKN STAN dari kampus lain. Setiap ngampus, mahasiswa wajib memakai KTM. Nah, KTM itu dipakai mirip kalung. Jadi, buat jurusan pajak itu warna kalungnya kuning, hijau untuk jurusan akuntansi, merah untuk jurusan kebendaharan negara (KBN), dan biru untuk jurusan bea cukai. KTM ini jadi kebanggaan dan ciri khas tersendiri buat anak PKN STAN (bagiku yang miba loh ya, bisa pamer ke anak univ lain, haha)

Duh, bingung mau ngejabarin apalagi. Intinya, kalau di PKN STAN itu ya kuliahnya gini. Kalian bakal ngerasain hawa-hawa sepi kalau UTS/UAS mendekat. Sejauh ini (baru ngerasain UTS), kalau UTS itu semua fokus banget belajar, apalagi tingkat 1, rajin-rajin. Hawanya itu mirip-mirip hawa UN (nggak 100% mirip juga). Jalan di sekitar kost itu sepi dan hening. Tapi kalau fotokopian itu justru biasanya ramai. Overall, kuliah di sini itu bagiku yang baru tingkat satu, susah-susah gampang. Apalagi yang tadinya anak IPA, pindah jalur ke jurusan sosial itu rasanya undescriptable (sudut pandangku loh ya). Tugas kuliah, PR, dan macam tugas lainnya itu pasti ada lah ya. Tapi kita masih bisa enjoy dan punya leisure kok. Bahkan, banyak temen-temenku di univ lain yang bilang kalau kuliahku itu santai banget karena mereka banyak tugas lembur, laprak, dan segala macam rupa tugas. Apa mungkin karena aku baru tingkat satu kali, ya?

EITS TAPI ADA YANG BARU
Sekarang udah tingkat dua wkwk. Alhamdulillah ya masih bisa kuliah di sini. Makin tinggi semester kamu, makin sibuk kamu di sini karena kepanitiaan/ tugas yang makin bejibun dan matkul yang makin menungging tingkat kesulitannya. Tapi, masih bisa dijalanin dengan nyaman kok kalo masih niat kuliah. So, kalem wae hehe.

Overall, kuliah di sini itu enak. Syaratnya itu cuma jangan males, taati peraturan, dan jangan lupa bahagia. Sekian dulu ceritanya, kapan-kapan kita lanjut bahas kampus ini. Btw ini lagi UTS, do'akan agar dilancarkan dan diberi kemampuan menjawab soal-soal yang ada. Terima kasih :)

NB : Lagi nyari buku SPMB PKN STAN? Kuy cek postingan ini, klik disini.

-Salam dari Kampus Ali Wardhana, Bintaro

You Might Also Like

9 komentar

  1. Kak, tips tips biar bisa lulus TKK dong..😂😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo rani, maaf ya baru liat komennya. sebenernya jg aku paling takut di tkk dulu. aku jaraaang banget olahraga. jd waktu mepet2 usm itu aku mulai latian lari, jogging keliling kampung, at least tiap weekend. ltian shuttle run jg tiap hari. lari aja yg konstan, yg penting stabil. Semangat!

      Hapus
  2. Kuliah di STAN memang beda, dari suasana sampai segalanya, kangen sama kampus :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, maaf saya baru on blog kembali. lulusan STAN juga kak? Keren banget bisa jadi auditor di bpkp. salam dari anak stan yang masih berjuang di tingkat akhir, doakan bisa lulus dg baik :))

      Hapus
  3. Kak tips2 masuk stan.. cara belajar , cara bagi waktu dsb dong hehe😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Rheina. Tips nya mungkin mainstream, tp emg gitu kuncinya : Tekun belajar dan doa. dulu aku nyicil ngerjain soal2 stan dari awal kelas 12, tp cuma dikit2, paling 3 soal, bahkan kadang lupa ngga ngerjain :( , baru fokus ngerjain pas liburan akhir tahun sampai menjelang tes. tapi itu cuma latihan tpa tbi, kalo sekarang kan udah dirapel ya tipe soalnya, sekali tes langsung sama twk, jadi mulai nyicil aja dari sekarang. kalo usaha sama doanya udah pol, insyaAllah terkabul keinginannya. semangat! semoga sukses ya.

      Hapus
  4. Kak disana ketat banget ya?
    Dosennya galak galak ga kak? Wkwk
    Di STAN ada organisasi kaya Osis, dll gitu ga kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. - ketat banget gimana nih? sante kok sebenernya. malah aku lebih santai dari temen2ku yg kuliah di teknik/mipa karena laprak mulu wkwk. tergantung kamu ngebawanya gimana. kalo dibawa seneng ya santai2 aja. kalo dibawa stres ya bakal kerasa berat. jd bawa happy aja hehe
      - dosen galak? ngga sih, aku banyakan dpt dosen yg ramah baik2, malah ada yg suka muterin lagu kalo kita lagi diskusi kelompok, jadi berasa di kafe. kalo yg tegas juga ada beberapa, karena emg tiap dosen kan punya pembawaan masing2.
      - ada dong, ada BEM (semacam OSIS), BLM (DPR nya kampus), Himpunan per jurusan, Media Center (pers), Stapala (pecinta alam), RadioBlast, merpati putih, banyaklah pokoknya.

      Hapus
  5. Blognya sangat bermanfaat jangan lupa mampir keblog syaa juga
    http://siappknstan.blogspot.com

    mampir ya yang mau try out gratis

    BalasHapus