Kuliah di PKN STAN - Part 2

November 17, 2018

Jadi begini rasanya kuliah di PKN STAN. Nano-nano, banyak rasanya.
ALERT : postingan ini berisi curhatan mengenai semester 4 kemarin, jika tidak kuat, boleh skip.

Assalamualaikum pembaca!

 sekilas kehidupan tingkat 2-3


Dulu banget pernah buat postingan tentang kuliah di PKN STAN, itu pas tingkat 1 dan masih UTS pertama. Duh, masih lugu-lugunya saat itu. Dari postingan itu ternyata Alhamdulillah banyak yang baca. Bahkan, jadi penghubung dengan calon maba yang mau masuk, seneng banget. Ada yang berbagi cerita keinginannya masuk kampus ini, ada yang tanya kos, ada yang tanya strategi, bahagia pokoknya melihat semangat dari calon-calon maba ini. Sekarang kalian dimana ya? Sampai sekarang belum denger kabarnya. Kalau kalian berhasil jadi mahasiswa PKN STAN, selamat ya, apa yang kalian impikan sudah tercapai. Bagi yang belum, seperti kata pepatah, kegagalan adalah kesuksesan yang tertunda. Jangan sedih berlarut-larut, ngga ada gunanya. Selamat menempuh perjuangan di kampus yang lainnya, semoga sukses menyertai kalian.


Sekarang aku udah tingkat 3, Alhamdulillah. Bertahan sampai tingkat terakhir di prodi D3 ini lumayan juga ya wkwk. Sebenernya baru kerasa berjuang mati-matian semester 4 kemarin dan semester ini, sebab fokusnya sudah mulai terbelah. Dulu, 1,5 tahun pertama, belajarnya niat banget, masih bisa dibilang lumayan rajin lah. Pelajaran masih nyatet, jarang ngantuk di kelas (dibandingkan dua semester berikutnya), dan bisa mengalahkan distreksi yang muncul, seperti pengen ikut ini itu.
Semester 4, itu bener-bener semester terparah sih bagiku wkwk. 


Salah siapakah itu? Salah saya sendiri, wahai pembaca. Betapa bodohnya saya saat itu :( . Semester 4 kemarin aku bener-bener nggak fokus kuliah. Kalo datang kuliah itu di kelas lebih banyak ngantuknya daripada belajarnya. Kenapa? Sebab aku membiarkan semangat kuliahku hilang. Semester 4 ini aku udah mulai penat dengan pelajarannya yang musingin kepala, rasanya lebih enak ikut kegiatan di luar kuliah, seperti ngajar les, main, nonton, ngurus organisasi (yang padahal juga tugas saya dikit doang), pokoknya banyak distreknya. Terpuruknya aku di semester 4 itu bukan salahnya ikut kegiatan di luar kuliah, tetapi karena aku yang ngga becus menjaga semangat belajar dan lupa tujuan awal kuliah di kampus ini.


Yang perlu digarisbawahi, ikut segala macam kegiatan di luar kuliah itu harus. Wajib! Sebab, softskill ngga didapat dari pelajaran di kelas, tetapi dari cara menghadapi dunia nyata di luar kelas. Di kelas semuanya serba teori, serba asumsi. Beda dengan kegiatan di luar perkuliahan, ga bakal ada asumsi yang bisa diterapin, isinya praktik menghadapi masalah yang nyata. Nah, itu berguna banget buat nambah pengalaman dan membentuk karakter. Aku aja nyesel ngga aktif kegiatan diluar kuliah dari dulu-dulu pas tingkat 1 LLL.


Resepnya biar jalan kegiatan kuliah dan aktivitas lainnya adalah harus seimbang. Nah, itu yang ngga aku lakukan. Harusnya, kalo semangat di kegiatan luar kuliah, ya semangat juga pas kuliahnya. Kalau aktif di luar kelas, ya ketika di kelas juga harus aktif, aktif nanya, aktif menjawab, mendengarkan dosen dengan baik, intinya harus bagus juga di kelasnya. Tugas di luar kelas segera dirampungkan, maka tugas kuliah juga segeralah selesaikan. Salahku dulu adalah menganggap remeh kuliah, enggan aktif di kelas, menunda-nunda pekerjaan. Jadilah semester kemarin terjun bebas nilainya wkwk.


Nyesel? Ada lah pasti. Namun, pengalaman itu justru bisa jadi pelajaran. Dari situ mulai sadar sih, kalau ternyata ikut kegiatan di luar kelas itu penting banget, biar kita bisa belajar bagi waktu. Banyak banget pelajaran yang bisa kita dapat. Semester kemarin juga sempat mencoba hal-hal baru lain yang warbyasah bagiku, hal-hal baru itu menyadarkan bahwa saya masih banyak kurangnya L, mungkin karena dari dulu banget terlalu keenakan di zona nyaman. Beruntung, semester kemarin walau anjlok nilainya bisa ngasih pelajaran berharga banget. Waduh, saya jadi sok filosofis dan sok bijak. Tapi emang beneran kok, berharga banget semester kemarin tuh.


Di semester 5 ini saya sudah mulai tobat, setelah UTS ini sih baru mulainya wkwk. Sebelum uts aku masih pengen bablas sekalian kegiatan luar kelas yang udah terlanjur diikutin, sampai-sampai habis jatah beberapa matkul L. Doakan ya semoga aku sehat selalu dan tidak ada kendala absen selama perkuliahan ke depan. Di semester ini udh mulai sibuk sama kuliah lagi, karena matkulnya yang ternyata masih banyak juga yang bikin pusing. Kirain udah tingkat tiga kan ya, udah mulai luang gitu. Eh, malah ditambahin mikir ktta juga. Bahkan, sampai tulisan ini dibuat, aku masih belum meng-fix-kan judul ktta ku apa. Minta doanya lagi semoga mendapat pencerahan sehingga bisa dapat judul ktta yang bagus tapi gampang ehehe.


Intinya, kuliah di PKN STAN itu ngga melulu masalah belajar. Ikutilah kegiatan di luar kelas selama masih ada kesempatan, entah kepanitiaan, klub hobi di luar kampus, volunteer, ngajar les, jualan, ngevlog, ikut lomba, kegiatan apapun yang bisa nambah pengalaman dan softskill. Bukan cuma karena softskill itu dibutuhin di dunia kerja, tapi juga jadi perbaikan diri biar bisa bermanfaat bagi orang lain, biar jadi nilai tambah, biar bisa membentuk karakter kepribadian yang bagus. Tapi jangan lupain tugas utama buat belajar, tetaplah aktif di kegiatan perkuliahan. Jatah skip tetap sisain buat jaga-jaga kalau ada hal-hal tak terduga, siapa tau kan. Kalau ada kerja kelompok juga harus berkontribusi, terlalu sibuk kegiatan diluar kelas bukan alasan buat menghindar dari kewajiban kerkel. Inget, buat mengabdi jadi punggawa keuangan negara itu harus kompeten, pengetahuannya dan pengalamannya. Tsaahh, bijak banget ya saya malam ini. Padahal tugas kuliah aja belum selesai, LPJ masih mangkrak, ya emang bisanya bacot doang gimana ya. Mohon jangan tiru sikap saya yang buruk ini, wahai pembaca.


Sekian curhatan saya yang masih dilanda kegalauan KTTA, emang kerjaan saya ini ngga jauh-jauh dari galau sepertinya. Semoga bisa bermanfaat. Oiya, insyaAllah bakal buat postingan tentang PKN STAN lagi di part 3 minggu depan.

Tetap semangat di setiap kegiatan kalian. Kalau udah dikasih kesempatan, syukurilah dengan beri yang terbaik. Semoga sukses, GBU!


NB : Lagi nyari buku latihan buat SPMB PKN STAN? Kuy cek postingan ini, klik disini

Saat duka melanda
Bintaro, Tangerang Selatan

17 November 2018



You Might Also Like

0 komentar