Channel Youtube yang Recommended Untuk di-Subscribe

Desember 04, 2016

Assalamu'alaikum! Aloha semuanya!

Sering gabut di kos? Atau sering galau keinget mantan? Atau kebanyakan kuota internet dan bingung cara ngehabisinnya? Aku punya saran nih buat kalian, streaming Youtube! Biasanya kalo aku gabut di kosan, aku sering banget tuh streaming bermacam video (selain drama korea) buat ngisi waktu luang. Di bawah ini aku tulis list dan deskripsi singkat channel-channel Youtube yang menurutku outstanding, atau setidaknya menghibur lah ya. So, check this out! (Klik judul masing-masing channel untuk pergi ke halaman youtube channelnya langsung)

1. TED

TED - Beranda
 Channel yang satu ini menurutku bagus banget buat di-subscribe. Kenapa? Karena isinya bermanfaat buat kita. Aku tau channel ini dari temenku, katanya bisa ngebuat kita jadi lebih open-minded, nambah wawasan, dan isinya itu worth it banget. Videonya itu durasinya paling 10-15 menit, tapi faedah yang bisa didapat jangan disepelekan. TED itu singkatan dari Technology, Entertainment, and Design. Di video-videonya, bakal ada satu narasumber yang akan bercerita tentang suatu topik. Di channel ini isinya ngga cuma satu tema saja, ada video tentang alam, ekonomi, isu-isu sosial, pengembangan kepribadian, dan tema-tema menarik lainnya. Salah satu video yang berkesan bagiku itu adalah video tentang pelarian seorang warga korea utara, judulnya My Escape from North Korea (klik disini untuk liat videonya).  Oh ya, TED itu organisasi non-profit yang ingin menyebarkan ide-ide kepada dunia, sesuai motto mereka - ideas worth spreading. 

TED is a nonprofit devoted to spreading ideas, usually in the form of short, powerful talks (18 minutes or less). TED began in 1984 as a conference where Technology, Entertainment and Design converged, and today covers almost all topics — from science to business to global issues — in more than 100 languages. Meanwhile, independently run TEDx events help share ideas in communities around the world.
-Dikutip dari www.ted.com

Untuk yang kesulitan dengan bahasa Inggrisnya, jangan khawatir. Ada subtitle bahasa Indonesia kok. Overall, channel ini worth it banget buat di-subscribe. Jadikan waktu luang untuk menambah wawasan, bukan cuman streaming MV doang :)

Video-videonya TED, keren-keren kan topiknya?
Mau sampel videonya? Ini salah satu video yang moral valuenya nge-jleb buat kita.


By the way, ada channel TED lain yang sama-sama bagusnya, namanya TEDx Talks. Bedanya dengan channel TED (doang) menurut penjelasan mereka adalah ini:
TEDx events are produced independently of TED conferences, each event curates speakers on their own, but based on TED's format and rules.
TED juga ada channel khusus beberapa negara, tinggal cari aja di search nya Youtube, ketik TED, pasti keluar channel-channel apa aja selain TED (doang). Sama-sama bahas tentang tema-tema pengetahuan umum dan sama-sama bermanfaat untuk kita.

2. Meisandria Guitara

Channel apakah ini?
Ketebak kan ya ini channel isinya apa?

Dilihat dari homenya, bisa ketahuan kan ya ini channel isinya khusus tentang apa? Yap, setelah tadi nambah pengetahuan dari Ted boleh kali ya refresh pikiran atau ngegalau-galau dulu sebentar, haha. Channel ini isinya coveran beberapa lagu yang menurutku sih beda dari yang lain Suara mereka bikin nge-jleb, apalagi kalau lagi galau, haha. Pemilik channel ini adalah Andri Guitara, seorang Youtube Creator dari Bandung. Yang nge-cover lagu ada beberapa orang, diantaranya Bintan Radhita, Rahma Savitri, Indah Kusuma, dan yang masih baru Rahmania Astrini. Penyanyi yang paling aku suka itu Bintan Radhita, suaranya itu nge-bass gimana gitu, unique. Dia masih SMA loh guys, cantik pula. Terus Astri itu juga masih SMA, tapi paras cantiknya ngelebihin yang udah kuliah. Suara-suara mereka itu adem didenger telinga. Lagu-lagu yang dicover macam-macam jenisnya. Biasanya sih lagu Indonesia dan Barat. Bahkan, menurutku coveran mereka ada yang lebih bagus daripada penyanyi aslinya, hehehe.

Ini beberapa cover-an yang ada di channel Meisandria Guitara, yang nge-cover cantik-cantik ya?
Bagi kalian yang ingin berkolaborasi dengan Bang Andri bisa loh. Caranya DM aja instagramnya Bang Andri : @andriguitara . Mau denger salah satu coverannya yang ada di channelnya Bang Andri? Nih, sampelnya, cover by Bintan Radhita dan Astri.



3. Khan Academy

Channel ini hampir sama seperti Ted. Namun, ada bedanya juga. Kalau Ted biasanya bahas topik-topik hangat yang pengetahuan umum, Khan Academy bahas topik-topik yang ada sangkutannya dengan materi di sekolah maupun perkuliahan. Khan Academy cocok banget buat anak-anak sekolah yang pingin memperluas pengetahuan mereka dari suatu pelajaran. Ada channel Khan Academy dan ada yang Khan Academy Indonesia (khusus berbahasa Indonesia). Walaupun di channel Khan Academy pakai bahasa Inggris, tetap ada subtitle bahasa Indonesia kok. Jadi, kalian tetep bisa belajar dari channel yang biasa atau yang khusus Indonesia. Di channel Khan Academy, ada beberapa kategori video: Physics, Chemistry, Geometri, Calculus, Finance, Microeconomics and Macroeconomics, dan masih banyak lagi. Jadi berasa sekolah online gitu. 


Home channel Khan Academy

Beberapa video Khan Academy. Worth it kan ilmunya?

Playlist channel Khan Academy Bahasa Indonesia
 Sampel video dari tema Macroeconomics (btw ini materi kuliahku sekarang)



4. Gita Savitri Devi


Beranda Channelnya Kak Gitasav

Kalo channel ini tipenya adalah vlog, Gita Savitri (aku lebih seneng manggilnya Kak Gitasav, daripada Kak Gita) ini mahasiswi Indonesia yang kuliah di Kimia Murni, Freie Universität, Berlin, Jerman. Apa pentingnya channel ini? Ya karena aku suka aja sih sama vlog-vlognya dia. Kak Gitasav ini sering nge-vlog tentang kegiatan kuliah di Jerman, lingkungan Jerman, dan topik-topik yang lagi hangat di Jerman. Ya mungkin karena aku kepengen kuliah di Jerman kali ya, jadinya seneng aja ngelihat vlog-vlog beginian. Doain aja lah ya, semoga bisa nyusul Kak Gitasav ke Jerman, S2 mungkin (katakan Aamiin). Kak Gitasav juga beberapa kali nge-cover lagu. Kakak cantik ini suaranya bagus banget, lho. Dia pernah ikut lomba paduan suara tingkat internasional dan dapat medali, keren nggak tuh? Yang worth it dari channel ini adalah nilai-nilai kehidupan orang Jerman yang baik untuk diterapkan pada diri kita. Banyak kisah-kisah yang Kak Gitasav ceritain tentang gimana sih orang Jerman itu, kenapa mereka bisa jadi negara maju, gimana orang Jerman itu bertingkah laku, dan menurutku kesemuanya itu adalah pelajaran bagi kita yang notabene masih jadi developing country. Jadi bisa nambah pengetahuan tentang kehidupan di luar sana,


Video-videonya Kak Gitasav
Sampel video tentang betapa kerasnya untuk bisa survive dalam perkuliahan di Jerman.




Empat dulu lah, ya. Nanti aku tambah lagi kalau ada channel Youtube yang menarik lainnya. Semoga bermanfaat, jangan lupa di-subscribe itu channel-channelnya. Semoga bermanfaat. Kalau kalian ingin berbaik hati membantuku, bagikanlah postinganku ini di sosmed kalian :') Yang berbaik hati nge-share postinganku ini aku doakan semoga kalian cepet dapet jodoh, atau yang udah dapet jodoh semoga kalian langgeng sampai mau memisahkan :)) Sekian, mohon maaf apabila kesalahan, terima kasih!

Waalaikumussalam warahmatullahi wabaraktuh :)

Tangerang Selatan, 4 Desember 2016

You Might Also Like

0 komentar